Selasa, 23 November 2010

Persamaan Korea dan Jepang


          Populasi penduduk Jepang berkisar antara 126 juta jiwa. Jepang memiliki pendapatan per kapita tertinggi di antara negara Asia lainnya yaitu sebesar US$ 34.189. Jepang memiliki 66 internasional airlines dengan tujuan ke berbagai negara di Asia. Motivasi perjalanan masyarakat Jepang lebih didominasi pada aktivitas wisata dan bisnis. Agustus dan September adalah periode wisata outbound tertinggi di Jepang. Masyarakat Jepang terbiasa akan standar higienis yang tinggi dengan lingkungan yang bersih. Selain itu, jenis makanan tradisional dan spa-therapy di Asia juga merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan Jepang. Lima atraksi wisata yang paling digemari wisatawan Jepang pada umumnya adalah keindahan alam, wisata belanja, kunjungan kebudayaan dan situs bersejarah, kunjungan museum, dan pameran kesenian.
          Masyarakat Korea berjumlah sebanyak 48,8 juta jiwa, dimana 87% diantaranya hidup di daerah perkotaan. Kecenderungan masyarakat Korea untuk berwisata ke luar negeri disebabkan karena adanya peningkatan masa libur dan penyempitan masa kerja. Destinasi wisata yang sangat diminati masyarakat Korea pada umumnya adalah Cina(2.960.642), Jepang (1.739.424), Thailand (661.779), Philipina (481.397), dan Hongkong (344.393). Pemandangan alam dan keindahan budaya termasuk motivasi wisatawan Korea untuk mengunjungi negara-negara destinasi. Angka rata-rata durasi perjalanan wisata wisatawan Korea ke luar negeri adalah 8,8 hari, dimana 60% wisatawan Korea membeli paket wisata yang ditawarkan oleh BPW setempat.
          Karakteristik wisatawan asal Korea memiliki tingkat religius yang masih rendah. Kebudayaan orang Korea memang tidak jauh beda dengan kebudayaan orang Timur, tetapi mereka tidak begitu suka dengan budaya ritual.
          Wisatawan asal Korea Selatan mesti ditampilkan atraksi alam seperti wisata tirta. Dengan pendapatan yang tinggi, wisman Korea memiliki kebiasaan berbelanja. Pelaku pariwisata juga perlu mengarahkan wisatawan Korea ini ke kawasan pasar seni atau pusat perbelanjaan di Bali.melihat tinggi pendapatan masyarakat Korea Selatan, mereka memiliki peluang yang cukup besar untuk berlibur ke Pulau Dewata ini. Bali juga sudah mendapatkan persepsi yang baik di mata wisatawan Korea.
          Dalam menyasar pasar Korea khususnya Korea Selatan, Bali memiliki pesaing di kawasan Asean seperti Singapura, Malaysia dan Thailand. Komponen masyarakat Bali perlu meningkatkan keamanan, sehingga wisatawan asal Korea Selatan ini bisa tetap dengan nyaman berkunjung ke Bali.penerbangan Indonesia seperti Garuda mesti meningkatkan jumlah rutenya ke Korea Selatan. Ini dilakukan untuk memastikan wisatawan Korea ini tidak mengalami kendala penerbangan ketika akan berlibur ke Bali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar